Harga Cengkeh Anjlok, Petani Minta Pemerintah Jangan Tutup Mata

BORONG, LBJN— Harga Cengkeh di Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur saat ini anjlok sampai Rp.70.000 per kilogram.

Padahal sebelumnya, harga Cengkeh  sebesar Rp.90.000 per kilogram. Beberapa tahun lalu bahkan sudah menembus sampai angka Rp.150.000 per kilogram.

Tidak diketahui penyebab harga cengkeh anjlok. Namun hal itu berimbas langsung kepada keuntungan yang diperoleh para petani.

Para petani mengeluhkan biaya produksi semakin tinggi. Sementara harga cengkeh terus menurun.

“Turunnya jauh sekali saat ini. Kami minta pemerintah jangan tutup mata”, keluh Rikus Janta, warga Kota Komba, Manggarai Timur, Minggu (18/08/2019).

Rikus mengatakan semangat para petani untuk merawat tanaman Cengkeh juga menurun. Cengkeh dibiarkan tumbuh bersama rumput dan enggan membersihkannya.

“Potensi Cengkeh di tiga kabupaten ini (Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur) cukup besar.  Penghasilan bisa ratusan ton per tahun,’ kata Rikus.

Rikus berharap pemerintah membantu petani menjembatani produk petani dengan pasar agar harga lebih kompetitif.

“Banyak biaya yang kami keluar. Kalau harganya tak menentu, nasib kami petani juga tak menentu,” ujar  Rikus Rikus berharap harga Cengkeh di tahun ini bisa kembali naik seperti sebelumnya. “Saat ini sedang musim petik cengkeh, semoga saja harganya naik,” kata Rikus. (L-4)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini