Pulau Padar Tawarkan Bentangan Alam Bak Lukisan Raksasa

Panorama Pulau Padar
Panorama Pulau Padar, Taman Nasional Komodo. (Foto: labuanbajonews.com)
google.com, pub-5332806438229511, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com, pub-5332806438229511, DIRECT, f08c47fec0942fa0

LABUANBAJO, LBJN–Padar, sebuah pulau kecil di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat. Terletak di antara dua pulau besar, Rinca dan Komodo.

Pulau kecil ini tak dihuni warga lokal dan satwa purba komodo. Meski demikian, pulau dengan luas 40.728 hektar ini memiliki “magnet” tersendiri. Padar menawarkan bentangan alam yang indah.

Berada di antara gugusan pulau-pulau kecil, keindahan Padar mulai terlihat beberapa saat sebelum kapal wisata berlabuh di dermaga kayu yang menempel di teluk bagian timur pulau.

Pantai cekung dengan pasir putih mengkilap menjadi suguhan awal ketika pertama kali menginjakkan kaki. Tampak pula beberapa ekor rusa bermain di pantai.

Seekor rusa ditemukan di tepi pantai bagian timur Pulau Padar. (Foto: labuanbajonews.com)

“Selamat datang di Pulau Padar,” ujar seorang petugas Balai Taman Nasional Komodo.

Memasuki pulau ini, pengunjung tak diizinkan untuk merokok atau sekedar membawa korek api. “Api dari puntung rokok bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” jelas petugas tersebut.

Dari tepi pantai, pengunjung memulai trekking. Menaiki anak tangga yang terbuat dari kayu lalu sampai di perhentian pertama.

Di sini, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan kapal-kapal wisata yang berbaris di sekitar dermaga dan separuh pantai cekung berpasir putih bagian barat. Pengunjung mulai tergoda mengeluarkan kamera untuk swafoto.

Para wisatawan sedang berfoto bersama untuk mengabadikan keindahan Pulau Padar. (Foto: labuanbajonews.com).

Rasa penasaran terus mendorong pengunjung untuk beranjak mengikuti jalur trekking menuju perhentian kedua. Di sini, terdapat dua titik yang bisa digunakan untuk foto-foto. Pemandangan pantai cekung bagian timur dan barat tak jauh berbeda dari perhentian pertama namun terlihat semakin jelas dan luas.

Nikmatnya suguhan panorama alam di depan mata rasanya menjadi asupan energi ekstra untuk melakukan pendakian menuju titik ketiga yang letaknya jauh di atas puncak. Menuju puncak, jalur yang dilalui perlahan ekstrim.

“Di atas puncak, Anda bisa menyaksikan semua keindahan pulau ini. Namun untuk sampai ke sana, anda harus hati-hati karena jalur yang dilalui cukup ekstrim,” ujar Ito, salah seorang pemandu wisata.

Keringat bercucuran dan napas tersengal menyusuri tanjakan dengan kemiringan 45 sampai 50 derajat. Apalagi matahari pun kian meninggi. Namun terpaan angin yang bertiup dari lautan memberikan sensasi kesegaran tersendiri.

Bagian terpanjang ini jaraknya kira-kira 400 hingga 500 meter. Selain menguras tenaga karena tanjakan yang curam, pengunjung juga harus ekstra hati-hati. Jalur trekking kali ini melintasi jurang yang dalam hingga ke pantai.

Namun penasaran akan panorama puncak memaksa kaki untuk terus melangkah. Teruslah berjalan santai sambil menikmati panorama alam yang indah dari tempat yang kian tinggi.

Tiba di puncak, Anda bisa menyaksikan keseluruhan pulau. Padar menampilkan keindahan panorama alam yang tiada duanya. “Wow, bentangan alamnya bagai lukisan. Cantik. Sangat cantik,” ujar Claudine, wisatawan asal Filipina.

Tampak bukit-bukit yang curam dengan batu-batu karang membuncah dari balik savana yang mengering. Di bawahnya, terlihat pantai berpasir putih. Cekungan pantai pada kedua sisinya bagai pasangan kekasih yang saling memunggungi.

Wisatawan berpose di puncak Pulau Padar. (Foto: labuanbajonews.com).

Dipadukan dengan langit dan lautan yang biru jernih serta buih-buih ombak memecah di pantai, tentu saja memanjakan setiap pengunjung.

Di tempat ini, Anda bisa memilih berbagai titik untuk foto atau mengabadikannya dengan video. Tempat paling favorit ini selalu ramai dikunjungi pesohor dan pelancong mancanegara.

Ada wisatawan yang sekedar menikmati panorama alam, ada pula pasangan kekasih yang datang untuk foto prewedding, serta model dan bintang iklan yang mengiklankan produk. (L2)

google.com, pub-5332806438229511, DIRECT, f08c47fec0942fa0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini