Bupati Matim Ingatkan Anggota DPRD Harus Disiplin Waktu

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas. Foto: Labuanbajonews.com

BORONG, LBJN — Bupati Manggarai Timur (Matim) Agas Adreas ingatkan 30 anggota DPRD Matim yang baru dilantik pada Senin (2/9/2019) agar disiplin waktu dan fokus pada kepentingan rakyat.

“Pertama yang saya harapkan dari 30 anggota DPR ini adalah disiplin waktu. Itu kata kunci. Saya lebih meminta mereka untuk disiplin waktu,” ujar Agas saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (3/9/2019).

Baginya, indikator sederhana dari disiplin waktu bagi anggota DPRD adalah menyelesaikan rapat lebih cepat. Pengalaman selama beberapa periode sebelumnya, kata Agas, anggota DPRD Matim tidak pernah disiplin waktu.

“Kalau displin waktu artinya kita bisa menyelesaikan rapat itu dalam waktu yang efisien. Tidak akan molor-molor. Kalau pengalaman selama ini kan kita tidak pernah disiplin waktu,” jelasnya.

Agas juga berharap agar anggora DPRD yang baru lebih fokus pada kepentingan rakyat. Sebagai perwakilan rakyat, DPRD harus berjuang untuk kepentingan aspirasi rakyat.

“Yang kedua adalah fokus pada kepentingan masyarakat Manggarai Timur. Sebagai perwakilan rakyat, mereka berjuang untuk aspirasi rakyat,” tegasnya.

Selanjutnya Agas juga berharap agar segera menuntaskan proyek-proyek pembangunan di daerah itu. Penuntasan proyek pembangunan merupakan pekerjaan rumah DPRD sebagai lembaga yang memiliki fungsi pengawasan.

“Saya berkeinginan agar proyek di Manggarai Timur ini segera tuntas. Berfikir tuntas. Saya tidak mau berfikir sepotong-sepotong. Katakan, ada jalan yang belum tuntas tahun ini 10 kilometer, tuntaskan itu. Atau ada irigasi yang yang belum tuntas, ya tuntaskan itu. Ada program irigasi kita yang setiap tahun masuk 100 juta akhirnya sampai 10 tahun belum tuntas,” tutur Agas.

DPRD dan pemerintah, lanjut dia, merupakan mitra yang sejajar meskipun secara konstitusional memiliki fungsi berbeda. Karena itu, pemerintah maupun DPRD harus bersama-sama memperjuangkan kepentingan rakyat dengan mengacu pada RPJMD yang telah disepakati.

“Tentu fokus pada kepentingan rakyat yang suda disepakati dalam RPJMD. Kita sudah tetapkan dalam RPJMD yang sama-sama disepakati oleh lembaga dewan. Kita sepakati itu dulu. Kalau ada hal-hal yang mungkin tidak sesuai, kita bisa mengubahya tapi kita tetap fokus di situ,” ujar Agas. (Mg1/L2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini