Dua Srikandi Berebut Dukungan PDIP Manggarai Barat

Andi Risky Nur Cahaya alias Asma (Baju Putih), saat Mendaftar sebagai bakal calon Bupati di kantor DPC PDIP Mabar. Foto, Ist.

LABUAN BAJO, LBJN—Dua politisi perempuan berebut dukungan untuk maju sebagai bakal calon (Balon) Bupati Manggarai Barat (Mabar) melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Keduanya adalah Maria Geong alias Mia dan Andi Risky Nur Cahaya alias Asma.

Mia merupakan Wakil Bupati Mabar periode 2015-2020. Birokrat asal Ranggu, Kecamatan Kuwus itu mendampingi Bupati Agustinus Ch Dula pada periode keduanya.

Setelah satu periode menjadi Wakil Bupati, kini Mia bertarung merebut posisi Bupati di kabupaten itu.

Sedangkan Asma merupakan anggota DPRD Mabar periode 2019-2024. Pengusaha sukses asal Selayar, Sulawesi Selatan itu menjabat Ketua DPC PPP Mabar.

Ia baru saja sukses memenangi Pemilihan Legislatif (Pileg) dari daerah pemilihan (Dapil) Mabar 1 meliputi Kecamatan Komodo, Boleng, Mbeliling dan Sano Nggoang.

Selain dua srikandi itu, beberapa figur lainnya telah mendaftar di partai berlambang banteng moncong putih itu.

Mereka adalah Makarius Paskalis Baut, politisi asal Kecamatan Lembor yang berprofesi sebagai advokat dan menetap di Jakarta.

Figur lainnya, Eliterius Sennen Kapu asal Kecamatan Sano Nggoang yang berprofesi sebagai akademisi Universitas Santu Paulus Ruteng.

Aktivis dan advokat Bernadus Barat Daya juga mendaftar di partai tersebut. Bernadus merupakan mantan Ketua KPU Mabar dan mantan anggota DPRD Mabar yang kini berdomisili di Jakarta.

Selanjutnya, Tini Thadeus, mantan birokrat asal Macang Pacar yang pernah menjabat Penjabat Bupati Mabar tahun 2014-2015 lalu.

Selain itu, ada juga beberapa figur muda, yakni Yoseph Sampurna Nggarang, Rafael Todowela, dan Mohamad Achyar.

Yoseph berasal dari Kecamatan Ndoso dan kini menetap di Jakarta. Rafael merupakan guide (pemandu wisata) dan aktivis sosial yang berdomisili di Labuan Bajo. Sedangkan Achyar berasal dari Reo, Kabupaten Manggarai, berdomisili di Jakarta.

Ketua DPC PDIP Mabar Darius Angkur mengatakan pihaknya sudah menugaskan panitia untuk membuka pendaftaran. “Saya tunggu laporan dari mereka,” kata Darius

Pihaknya hingga saat ini belum mendapat laporan perkembangan pendaftaran Balon Bupati dan Wabup yang nanti diusung partai itu.

Pendaftaran Balon Bupati dan Wabub di DPC PDIP Mabar akan berahkir pada Jumat (20/9/2019). (L3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini