Dugaan Suap Ketua KPU Mabar, KPU RI: Silahkan Lapor ke DKPP dan Polisi

Komisioner KPU RI Ilham Saputra (tengah) saat tiba di Labuan Bajo pada Rabu (4/9/2019) sore. Foto: Labuanbajonews.com.

LABUAN BAJO, LBJN — Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengomentari soal dugaan penyuapan yang dilakukan calon legislatif dari PDI Perjuangan Petronela Madina terhadap Ketua KPU Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Robertus Din saat berlangsungnya Pemilu 2019 lalu.

Kepada sejumlah media di Labuan Bajo, beberapa waktu lalu, Petronela Madina mengaku telah menyuap Robertus dengan uang sebesar Rp 70 juta agar KPU Mabar bisa membantu memenangkan Petronela dalam pemilihan anggota DPRD Mabar. Pengakuan itu disampaikan Petronela lantaran kesal dengan Robertus yang tak berjuang memenangkan dirinya.

Ilham Saputra mengatakan dugaan atau pengakuan tersebut harus dibuktikan secara hukum. Ia menyarankan agar dugaan penyuapan itu dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atau pihak kepolisian.

“Jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh kami sebagai penyelenggara Pemilu, ada kanal-kanalnya. Bisa ke polisi, itu bisa pidana. Atau bisa ke DKPP sebagai pelanggaran etik,” ujar Ilham saat diwawancarai wartawan di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Rabu (4/9/2019).

Ilham menambahkan, pengakuan caleg yang menyuap komisioner KPU itu belum dibuktikan secara hukum. Dengan demikian, pihaknya beranggapan bahwa pengakuan pemberi suap itu masih sepihak. Apalagi pihaknya sudah menugaskan KPU Provinsi NTT untuk melakukan konfirmasi terhadap Ketua KPU Mabar dan hasilnya tidak benar.

Ia bahkan mengatakan pihak yang menuduh Ketua KPU Mabar bisa dilaporkan ke polisi. Ilham juga menyebut, tuduhan atau pengakuan tersebut sebagai hal yang liar dan berbahaya.

“Yang menuduh, bisa dilaporkan kepada yang berwenang. Ini kan liar. Berbahaya sekali kan,” ujarnya.

Namun KPU RI, kata Ilham, tidak mewajibkan Robertus untuk menempuh jalur hukum dengan melaporkan Petronela Madina ke polisi. Pihaknya memberikan kebebasan kepada Robertus.

“Ah itu terserah yang bersangkutan ya,” ujarnya. (L3/L2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini