Kawasan Pantai di Mabar Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Sampah yang bertebaran gi Pantai Tanjung Boleng, Kecamatan Boleng Manggarai Barat. Gambar diabadikan belum lama ini.

LABUAN BAJO, LBJN — Warga Pantai Tanjung Boleng, di Kecamatan Boleng, Manggarai Barat masih menjadikan kawasan pantai sebagai tempat pembuangan sampah. Sampah dibuang di pinggir pantai.

Pantauan Labuanbajonews Minggu (15/9/2019) di pintu masuk pemukiman warga Tanjung Boleng sampah menumpuk. Sampah-sampah itu dibuang persis di bagian kiri gapura masuk dari Pelabuhan.

Sampah juga ditemukan mengapung di atas permukaan air, baik di depan tembok pengaman maupun di belakang tembok antara pemukiman warga dan pantai.

Sesekali ketika gelombang “merebahkan” diri ke pantai, sampah bermunculan ke permukaan. Air laut tampak keruh.

Selain di pantai, sampah juga ditemukan di daratan. Sampah tersangkut pada rawa-rawa di sekitar pemukiman penduduk.

Untuk diketahui, sebelum jalan darat Pantura dibuka beberapa tahun lalu, Pelabuhan Tanjung Boleng, menjadi pintu masuk utama bagi warga yang datang ke daerah itu. 

Ketika hendak berangkat ke Kota Labuan Bajo, mereka memakai jasa transportasi laut, dan naik di Pelabuhan Tanjung Boleng.

Saat ini sebagian kapal nelayan beralih fungsi menjadi kapal wisata. Mereka melayani turis asing yang datang ke Pulau Boleng.  Sebagian lainnya masih bertahan menjadi Nelayan dan kapal penumpang untuk warga lokal . (L1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini