Mahasiswa Manggarai Gelar Aksi Solidaritas Papua

Mahasiswa Manggarai yang tergabung dalam organisasi GMNI dan PMII menggelar aksi Solidaritas Papua di Ruteng, Kamis (5/9/2019). Foto: Labuanbajonews.com.

RUTENG, LBJN — Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar aksi solidaritas untuk Papua di Ruteng, Manggarai, Kamis (5/9/2019).

Mahasiswa melakukan longmarch di sepanjang jalan utama kota Ruteng lalu menggelar mimbar bebas di kantor DPRD dan markas Polres Manggarai.

Kedua organisasi mahasiswa tersebut menolak keras upaya adu domba dan tindakan provokasi serta isu rasialisme yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab di Surabaya beberapa waktu lalu.

Tindakan rasis terhadap mahasiswa Papua di Surabaya tersebut telah memprovokasi dan memecah-belah bangsa dan negara Indonesia. Tindakan tersebut dinilai telah menodai perjuangan tulus para pendiri bangsa untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dari darah dan air mata para pendiri bangsa dan berkat keinginan luhur merekalah, negara Indonesia kini bisa berdiri hingga tahun yang ke-74,” tegas Ketua GMNI Manggarai Rikardus Joman.

Kedua organisasi itu juga menghimbau masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya di Manggarai, untuk menghargai perbedaan, menghormati sesama, dan tetap menjaga persatuan dan persaudaraan demi kokohnya NKRI.

Mahasiswa juga meminta Kapolri Jendral Tito Karnavian melalui Polres Manggarai untuk mengambil langkah bijak dalam penanganan konflik Papua sehingga tidak menimbulkan korban, baik warga sipil maupun aparat.

Sementara di DPRD Manggarai, mahasiswa menyerukan agar masyarakat Papua dan Papua Barat untuk tidak memisahkan diri dari NKRI. Kedua provinsi di bagian timur Indonesia itu merupakan bagian integral dari negeri ini.

“Kami minta kepada seluruh masyarakat Papua dan Papua Barat untuk tidak memisahkan diri dari wilayah NKRI, karena Papua dan Papua Barat adalah bagian integral yang tidak terpisahkan dari negeri ini,” ujar Ketua PMII Manggarai Sahrul Sallam. (Mg1/L2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini