Wilayah Bari Manggarai Barat Jadi Incaran Baru Para Investor

Salah Satu Pantai di Kampung Bari, Desa Bari, Kecamatan Macang pacar, Kabupaten Manggarai Barat.

LABUAN BAJO, LBJN—Semenjak Labuan Bajo di tetapkan sebagai wilayah destinasi utama tujuan wisata di wilayah Indonesia Timur, para Ivenstor secara bergelondongan melakukan Investasi di wilayah Kota Labuan Bajo dan sejumlah tempat lainnya di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Para Investor bahkan  tak canggung setelah membeli tanah di kota Labuan Bajo, ada yang langsung membangun tempat-tempat usaha, seperti Hotel, Ressort dan membuka jenis usaha lainnya.

Selain kota Labuan Bajo, salah satu tempat baru yang menjadi incaran para investor adalah wilayah Kampung Bari, Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar, Mabar.

Topografi kampung Bari yang dekat dengan laut membuat para Investor berburu untuk membeli lahan warga di wilayah itu.

Tidak hanya investor indonesia, investor asingpun sudah membeli sejumah tanah warga di desa Bari.

Jarak tempuh ke Bari, hanya membutuhkan waktu 2 jam menggunakan speed boat dari dermaga Pelni Labuan Bajo

Selain bisa menggunakan speed, juga bisa menggunakan Kapal Fan, Kapal Phinisi, Kapal Opendeck dan akan bersandar di Pantai Bari

Sepanjang perjalanan, di tengah laut kita di suguhi pemandangan pulau pulau di sisi kiri  dan kanan. Diantaranya Pulau Seraya Besar, Seraya Kecil, pulau Sebabi.

Di beberapa bagian, air terlihat lebih bening ,saat kita melewati perairan dangkal yang berpasir putih. 

Selain menggunakan angkutan laut, kita juga bisa menggunakan angkutan darat  dan membutuhkan waktu lima hingga enam jam

Jika datang dari arah labuan Bajo, diperempatan Nggorang-Ruas jalan trans Flores, kita langsung mengambil ruas Nggorang Terang dan melintasi Terang-Kecamatn Boleng, Kecamatan Pacar dan selanjutnya di pertigaan Hita kita ambil jalur kiri menuju Desa Bari di Kecamatan Macang Pacar.

Pasir Putih di Pantai Kampung Bari, Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Foto, Labuanbajonews.com

Taufik Warga Kampung Bari mengatakan kebanyakan investor yang membeli tanah di wilayah Bari berasal dari luar negeri.

“Yang banyak itu orang-orang asing. Mereka membeli tanah dekat pantai. Dari Jakarta juga sudah banyak yang beli tanah disini,” Ujar Taufik, kepada Labuanbajonews, Jumat (7/8/2019)

Sunset di Pantai Bari, Jumat (7/9/2019), Foto, Labuanbajonews.

Menurut Taufik, kebanyakan investor yang datang ke Bari ada yang datang sendiri, sementara sebagian laiinya dipandu warga dari kota Labuan Bajo. Lokasi tanah yang mereka beli dekat dengan wilayah pantai.

“Yang mereka beli itu di sernaru, watu Ronda, terloji dan nangan pau, desa Bari. Lokasi itu dekat pantai semua,” Kata Taufik. (L3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini