Daftar Spot Wisata Prioritas yang Ditata Pemda Mabar Tahun 2019

Spot Wisata Gua Batu Cermin di Kota Labuan Bajo

LABUAN BAJO, LBJN — Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Manggarai Barat Agustinus Rinus atau Gusti mengungkapkan pembatasan wisatawan yang akan ke Komodo sebagai akibat penerapan konsep “carrying capacity” akan membuat penumpukan wisatawan di Kota Labuan Bajo.

Untuk menghindari antrian wisatawan di Labuan Bajo, Pemerintah Daerah Manggarai Barat akan melakukan penataan berbagai spot wisata di luar Tanaman Nasional Komodo (TNK).

Gusti  pekan lalu kepada Labuanbajonews.com mengungkapkan akan memperpanjang Gua Rangko di Tanjung Boleng, menata puncak Eltari dan Wae Bo dan tahun depan 2020, menata Gua Batu Cermin di Labuan Bajo.

Penataan berbagai spot wisata di luar TNK itu akan mendapatkan suntikan dana dari APBN sebesar Rp.24,2 Miliar.

Harap Gusti, penataan berbagai destinasi wisata itu akan membantu pemerintah daerah dalam mencari alternative spot wisata bagi turis yang menunggu antrian menuju Komodo.

Gusti  juga meminta para kepala desa untuk mendata potensi masing-masing di desa, dan menyampaikan ke Dinas Pariwisata Mabar. Tim teknis Dinas Pariwisata akan melakukan survey ulang dan untuk kemudian ditetapkan sebagai desa wisata.

Harap Gusti agar setiap desa bisa mengelolah potensi wisata desanya sendiri melalui BUMDes dan kelompok sadar wisata desa. Dengan  dikelolah oleh desa, harap Gusti, pariwisata di desa benar-benar dirawat dan dijaga masyarakatnya. (L1)

google.com, pub-5332806438229511, DIRECT, f08c47fec0942fa0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini