Gua Pongkor Polo Menarik Banyak Kunjungan Wisatawan

Gua Pongkor Polo di Desa Watu Wangka, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat, NTT

LABUAN BAJO,LBJN — Gua Kristal Pongkor Polo di Desa Watu Wangka, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat banyak menarik minat kunjungan wisatawan. Meski baru ditemukan awal Juli 2019, turis mancanegara sudah berdatangan.

Menurut Kepala BPD Desa Watu Wangka Aventinus Jehabut kepada Labuanbajonews.com Kamis (10/10/2019) sudah puluhah wisatawan datang dari 15 negera di dunia.

“Wisatawan dari Israel, dari Spanyol dan Inggris datang pertama kali. Menyusul dari Australia dan Negara eropa yang lainnya,” kata Avent.

Avent menjelaskan wisatawan asal Spanyol bahkan memuju Gua Kristal Pongkor Polo lebih baik dari gua yang ada di negaranya. Ia menjelaskan Gua Pongkor Polo memiliki beberapa keunikan.

Yang pertama hawa di dalam gua dingin mencapai 16 derajat celcius. Padahal di luar gua, udaranya sangat panas.

Pada ruangan kedua, terdapat ruangan sepanjang sekitar 100 meter dipenuhi ribuan ekor kelelawar. Kotoran kelelawar menebal di tanah. Berada di ruangan ini hanya bisa bertahan tidak sampai lima menit karena udaranya cukup panas.

“Ada dua ekstrim yang berbeda. Ruangan satu sepanjang 100 meter udaranya dingin dan segara, sementara ruangan kedua udaranya agak panas,” jelas Avent.

Keunggulan lain di dalam gua yakni terdapat dinding stalaktit dan stalakmit. Bahkan ada dinding stalaktit yang membentuk tirai-tirai. Ketiak dikutip, bunyinya beranekaragam.

Pada langit gua tertentu terdapat batu-batu Kristal. Ketika disoroti cahaya senter, putihnya mengkilap. Di tengah gua, terdapat sebuah batu stalakmit membentuk sebuah tugu batu dan satu-satunya yang tumbuh di situ.

Avent berkomitmen mempromosikan temuan baru Gua Pongkor Polo agar menjadi dikenal wisatawan dan mendapat banyak kunjungan.

“Dengan demikian gua ini akan memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat setempat,” kata Avent.

Sejauh ini, jelas Avent belum ada pengelolaan secara resmi. Meski demikian warga setempat sudah siap sedia kapan saja dibutuhkan untuk mendampingi turis ke tempat wisata itu. (L1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini