Ketua DPRD Matim Soroti Kinerja Dinsos Terkait Penanganan Kaum Disabilitas

Ketua DPRD Manggarai Timur (Matim) Herimias Dupa

BORONG, LBJN—Ketua DPRD Manggarai Timur (Matim) Herimias Dupa menyori kinerja Dinas Sosial (Dinsos) terkait penanganan kelompok disabilitas. Ia mengatakan sampai saat ini Dinsos belum pernah menggambarkan persentasi data kelompok disabilitas sesuai dengan tingkat kerentanan sosial dan hal apa yang mereka butuhkan.

“Sebelum kita bicara kebijakan minimal ada dulu datanya. Data harus lengkap. Tidak sekedar data yang menerangkan keberadaan kelompok disabilitas, tetapi presentasi kebutuhan mereka. Apa yang dibutuhkan oleh kelompok difabel ini sesuai dengan tingkat kerentanan sosialnya,” ujar Herimias, Senin (28/10/2019).

Ia mengatakan data tersebut sangat dibutuhkan agar penanganannya disesuaikan dengan kebutuhan. “Jangan sampai kita beri bantuan kursi roda untuk kelopok tuna daksa tapi ternyata yang mereka butuhkan itu rumah,” tambah politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Mantan aktivis PMKRI Cabang Denpasar itu berharap agar Dinsos melakukan monitoring data disabilitas di setiap desa atau kelurahan hingga tingkat kecamatan di seluruh Manggarai Timur. Melalui monitoring itulah Dinsos bisa menemukan data yang akurat tentang kebutuhan mereka sesuai tingkat kerentanannya.

Herimias juga kesal dengan pernyataan Kepala Dinsos Wihelmus Deo yang mengaku kesulitan melakukan pendataan kelompok disabilitas karena kekurangan staf di kantornya.

“Dinas sosial sebagai sebuah lembaga pemerintahan di lingkup Pemda Manggarai Timur, seharusnya tidak boleh bicara masalah kekurangan staf kantor untuk melakukan pendataan. Bagaimana itu? Yang benar saja,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinsos Matim Wilhelmus Deo mengatakan pihaknya mengalami masalah kekurangan staf kantor sehingga kewalahan melakukan pendataan kaum disabilitas. “Karena keterbatasan staf kami di kantor, tidak bisa kami lakukan pendataan dari kampung ke kampung, ujarnya. (L6)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini