Mengintip Persiapan SMPN 1 Ruteng Cancar Menyambut Betrand Peto

Beberapa siswi SMPN 1 Ruteng Cancar sedang berlatih menari untuk menyambut Betrand Peto.

RUTENG, LBJN—Betrand Peto dijadwalkan datang ke SMPN 1 Ruteng – Cancar di Desa Bulan, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, Sabtu (5/10/2019). Betrand didampingi kedua orangtua angkatnya, Ruben Onsu dan Sarwendah.

Agenda kegiatan pelantun lagu Sahabat Kecil itu di antaranya untuk perpisahan dengan keluarga besar sekolah tersebut. Acara perpisahan dikemas dalam nuansa adat Manggarai.

“Betrand merupakan kebanggaan sekolah ini juga sehingga kami memberikan perlakuan istimewah dengan mengemas semua rangkaian acara temu-pisah dalam nuansa adat Manggarai,” ujar Kepala SMPN 1 Ruteng Cancar Doroteus Jemuru, Jumat (4/10/2019).

Pihak sekolah juga sudah membereskan semua berkas mutasi siswa yang akan diserahkan kepada Betrand untuk kepentingan kelanjutan pendidikannya di sekolah yang baru.

“Besok tinggal diserahkan ke Betrand,” imbuh Doroteus.

Pantauan Labuanbajonews.com, sang kepala sekolah tampak sibuk memimpin guru-guru dan para siswa untuk mempersiapkan panggung mini dan acara-acara yang akan ditampilkan saat menyambut Betrand.

Di depan halaman sekolah sudah terpasang panggung mini seukuran 4×4 meter yang terbuat dari kayu balok.

Beberapa kelompok siswa tampak serius berlatih beberapa jenis tarian adat. Mereka tampak mempersiapkan semuanya dengan gembira.

Kepala SMPN 1 Ruteng Cancar Doroteus Jemuru bersama beberapa guru sedang membuat panggung mini di halaman sekolah.

Menurut jadwal, kata Doroteus, Betrand tiba di sekolah sekitar pukul 13.00 wita. Sebelum tiba di sekolah, Betrand akan mengikuti ritual adat di rumah keluarganya.

Hubertus Nomot, salah seorang guru yang kerap berperan sebagai master of ceremony di sekolah itu mengatakan, secara akademik, Betrand tidak terlalu menonjol di antara teman-temannya. Namun dia memiliki talenta lebih dalam bernyanyi.

“Setiap kali ada acara di sekolah, kami tidak kesulitan untuk mencari pengisi acara. Betrand selalu siap untuk bernyanyi. Dia pandai bernyanyi namun tetap sederhana seperti siswa lainnya,” ujar Hubertus.

Betrand menjadi bagian dari sekolah itu sejak Juli 2018 hingga pindah ke Jakarta pada September 2019. Namun keberadaan Betrand selama menjadi salah satu siswa di sekolah itu hingga kemudian memulai karirnya di dunia artis diharapkan bisa memotivasi siswa lainnya. (L2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini