Dukung Pengembangan Ekonomi Labuan Bajo, Alumni Sanpio Kisol Dirikan Koperasi

Alumni Seminari Pius XXI Kisol, Pengurus KoparRi di Labuan Bajo

LABUAN BAJO, LBJN — Alumni Seminari Pius XII Kisol (SANPIO) Jakarta mendirikan Koperasi Pariwisata Republik (KoparRi) di Labuan Bajo.

Gagasan pembentukan koperasi Pariwisata Labuan Bajo itu berawal dari  diskusi Grup WhatsApp para alumni seminari Kisol di Jakarta.

Melihat geliat perekonomian di Labuan Bajo, mereka bersepakat membentuk koperasi sebagai bentuk kepedulian dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah pariwisata itu.

Pengelola KoparRI Labuan Bajo Fransiskus K. Laja menerangkan, ke depannya KoparRI Labuan Bajo akan menjadi lembaga perekonomi rakyat dengan kosep dasar ekonomi pariwisata.

“Melihat peluang pulau Komodo sebagai daya pikat destinasi pariwisata di Labuan Bajo, para Alumni Seminari Kisol hendak mengajak masyarakat agar berpartisipasi  dalam membagun ekonomi koperasi di Labuan Bajo dengan konsep pariwisata sebagai dasar pengelolaannya,” terang Frans kepada labuanbajonews.com pada Minggu, (3/11/2019)

Selain itu Ia berharap, dengan hadirnya koperasi pariwisata di Labuan Bajo, masyarakat bisa berpartisipasi membangun perekonomian dengan memanfaatkan peluang pariwisata.

“Harapan saya setelah KoparRI terbentuk masyarakat Labuan Bajo bisa lebih aktif menangkap peluang pulau komodo sebagai destinasi wisata nasional. Sehingga masyrakat tidak hanya menjadi penonton akan tetapi mendapatkan manfaat dari pariwisata. Masyarakat juga bisa mengelola potensi pariwisata secara mandiri,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, KoparRi hadir di Labuan Bajo dengan mengusung konsep yang berbeda dengan koperasi lainya.

“KoparRi hadir dengan konsep serba usaha khususnya bidang pariwisata. Selain menjalankan konsep simpan pinjam KoparRI akan membuka unit pertokoan seperti KoparRi Mart, unit agrowisata, dan beberapa jenis usaha lainnya,” jelas Alumni Seminari Kisol angkatan 1998 itu. (L6)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini