Peringati Hari Arwah, Warga Cecer Mabar Gelar Misa dan Bersih Kubur

Warga Cecer Desa Liang Dara Kecamatan Mbeliling, Mabar saat merayakan misa memperingati hari arwah Sabtu, (2/11/2019)

LABUAN BAJO, LBJN — Gereja Katolik setiap Tanggal 2 November setiap tahun memperingati arwah orang yang telah meninggal dunia. Karena itu hari ini, Sabtu (2/11/2019) Umat Katolik sejagat mendatangi pekuburan dan berdoa bagi keselamatan arwah orang yang meninggal dunia.

Demikian yang dilakukan oleh Umat Katolik kampung Cecer, stasi Melo, paroki Longgo, desa Liang Dara Manggarai Barat. Ratusan Umat mendatangi kuburan dan mengikuti perayaan ekaristi. Doa khusus hari ini untuk keselamatan orang-orang yang meninggal dunia.

Sebelum memulai perayaan ekaristi, mereka membersihkan pekuburan umum secara bersama-sama.

Warga yang hadir tidak hanya yang berdomisili di kampung Cecer, ada juga yang datang dari tempat yang jauh seperti Labuan Bajo dan Ruteng.

Salah satu umat,  Sintus Elvan kepada labuanbajonews  mengatakan, kegiatan pembersihkan kubur dan perayaan ekaristi di pekuburan umum selalu mereka laksanakan setiap tahun.

Menurutnya, selain mendoakan arwah keluarga yang meninggal, kesempatan itu juga bisa menumbuhkan semangat kebersamaan dan menjalin silaturahmi di antara mereka.

“Sudah tiga tahun kami menggelar perayaan ekaristi di pekuburan umum kami,” kata Sintus

Ia menambahkan, kegiatan ini bisa terlaksana selain karena semangat warga, juga karena dukungan dari pastor paroki  yang selalu menyiapkan waktu untuk umat.

“Kegiatan misa di pekuburan ini bisa berjalan, karena pastor paroki kami selalu siapkan waktu. Kami sangat bersyukur. Semoga arwah dari segenap leluhur dan anggota keluarga kami yang dimakamkan di sini boleh tinggal bersama orang kudus di surga,” ujar Sintus. (L5)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini