Wakil Bupati Flotim Agus Boli Tawarkan Empat Solusi Atasi Kesulitan Pengadaan Obat di RSUD Larantuka

Wakil Bupati Flotim Agus Boli saat berdialog dengan manajen RSUD Larantuka Kamis (31/10/2019).

LARANTUKA, LBJN — Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli atau Agus Boli menawarkan empat solusi untuk perbaikan pengadaan obat atasi kelangkaan obat di Rumah Sakit Umum Daerah dr.Fernandes Larantuka.

Solusi itu ditawarkan Agus Boli saat bertemu dengan manajemen RSUD Larantuka Kamis (31/10/2019).

Pertama, perencanaan Biaya pengadaan obat setiap tahun harus over stok sampai 18 bulan yakni sampai bulan juni tahun berikutnya supaya pengadaan obat terlambat di tahun berikutnya pun masih punya stok obat tahun lalu.

Kedua, persiapan dokumen PPK khusus pelelangan obat RSU juga paling lama bulan Maret tahun berjalan sudah di lelang di ULP.

Ketiga, permintaan obat di rekanan distributor oleh PPK harus over stok dan tegas kepada distributor jika masih saja kirim di bawah volume permintaan. Jika terlambat maka di-PHK-kan saja. Rekanan mau gugat silakan karena obat ini kaitan dengan nyawa manusia.

Keempat, perlu ada rekening khusus di RSU Larantuka untuk membayar ganti rugi pembelian obat di apotik luar oleh pasien karena diketahui setia tahun di perkirakan obat yang di beli pasien di apotik luar itu mencapai Rp.200an juta dan selama ini tidak di ganti rugi.Ini sifatnya insidentil.

Kelima, perlu ada apotik pelengkap mitra resmi RSU untuk antisipasi ketiadaan obat tertentu.

Keenam, jangka panjang RSU ini di usahkan menjadi BLUD agar mandiri dan belanja obat tidak lagi terikat pada mekanisme aturan pengadaan barang jasa pemerintah yang ribet.

“Solusi ini diterima managemen RSU dan semua peserta rapat sepakat ini menjadi solusi terbaik ke depan,” kata Agus Boli.

Pada sesi penutupan Wabup Agus Boli mengatakan pasien harus di Layani dengan hati. Kasihani mereka yang datang dari kampung jauh-jauh dengan segala kesusahannya lalu disuruh cari obat di luar apotik dengan uang sendiri.

“RSU itu harus membuat orang sehat jasmani dan rohani. Jangan sampe keluar dari RSU Jasmaninya sembuh tapi rohaninya sakit karena pikiran utang dll,” kata Agus Boli (L1)

Baca Juga: Stok Obat Tertentu Habis, Wakil Bupati Flotim Agus Boli Marahi Manajemen RSUD Larantuka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini