Airi Sawah Tadah Hujan, Warga Bahu Membahu Bersihkan Selokan

Petani Warsawe Desa Cunca Wulang Manggarai Barat, NTT membersihkan selokan untuk membajak sawah tadah hujan, Rabu (8/1/2020)

MBELILING, LBJN — Musim penghujan sudah tiba. Para petani di Warsawe Desa Cunca Wulang, Manggarai Barat kembali mengarap sawah tadah hujan mereka.

Sebelum membajak sawah, para petani membetulkan selokan yang rusak paska hujan waktu lalu. Selokan menuju persawahan tertimbun tanah.

Air yang mengalir juga kerap bocor dan tidak banyak sampai ke sawah petani. Sebagai akibatnya setiap kali petani harus menambal selokan dengan tanah.

Hal itu menyita banyak waktu para petani. Untuk mempermudah pekerjaan, warga melakukan kegiatan bakti bersama seperti yang mereka lakukan Rabu (8/1/2020).

Mereka membawa sekop, sabit dan parang membersihkan rumput dan timbunan tanah di sepanjang selokan.

Aloisius Mite dan Yohanes Paskalis kepada Labuanbajonews.com mengharapkan ada bantuan pemerintah untuk membuat selokan permanen.

“Meski hanya sawah tadah hujan, kami sangat membutuhkan selokan. Sangat bagus kalau dibuat permanen, khususnya di bendungan,” kata Aloisius.

Aloisius mengungkapkan setiap tahun selokan menuju persawahan di sekitar destinasi wisata Cunca Wulang itu tertimbun tanah.

“Capek juga kita bersih setiap tahun. Semoga pemerintah bisa memperhatikan,” tambah Yonanes. (L1-L5)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini