Bangun Rumah Adat, Warga Warsawe Arak Siri Bongkok

Warga Warsawe arak Siri Bongkok untuk membangun rumah adat. Foto :Ist

LABUAN BAJO, LBJN — Kampung Warsawe, Desa Cunca Wulang Manggarai Barat, NTT untuk pertama kali membangun rumah adat bentuk niang, rumah adat khas Manggarai.

Warga kampung tengah merampungkan pembangunan rumah adat dan pada Sabtu (11/1/2020) warga ramai-ramai ke hutan mencari siri bongkok.

Siri Bongkok sebagai tiang utama rumah adat diambil dari kayu terbaik di hutan Cunca Wulang. Warga memutuskan mengambil Kayu Jati dan akan diarak menuju Kampung Warsawe pagi ini.

Disaksikan Labuanbajonews.com tua dan muda masyarakat Kampung Warsawe datang ke hutan Cunca Wulang untuk bahu membahu mengarak kayu jati sepanjang enak meter dengan ketebalan balok 20×20 CM.

Di antara semua kayu yang dipasang di rumah adat, Siri Bongkok ini mempunyai ukuran yang istimewah karena merupakan tiang utama.

Tiang ini dipasang di tengah dan dalam setiap acara adat biasa menjadi sandara para tetua adat yang memimpin ritus adat di kampung.

Rumah adat Niang di Warsawe ini direncanakan akan menjadi tempat dan pusat kegiatan festival budaya Cunca Wulang yang diagendakan Juli atau Agustus tahun ini.

Warga Warsawe sudah menyatakan komitmen mendukung pemda Mabar untuk menyukseskan penyelenggaraan festival Cunca Wulang.

Bagi masyarakat Warsawe, peristiwa ini menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan kampung mereka. (L1-L5)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini