DR. HC. Basuki Hadimuljono: Menteri Infrastruktur Indonesia

DR. HC. Basuki Hadimuljono saat dikukuhkan menjadi Doktor. Foto : Ist

Oleh: Willem Wandik S.Sos

(Ketua Umum GAMKI)

Mengenal sosok menteri yang nyentrik, sederhana, gemar bermain musik, dan juga memiliki kegemaran yang sama dengan Presiden Jokowi sebagai penghobi Motor Chopper.

Jika ada sosok penting yang perlu diberikan tanda jasa kehormatan atas keberhasilan Presiden Jokowi mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia (dalam waktu relatif singkat sejak 2014 – sampai saat ini) terutama, Infra jaringan jalan dan jembatan, infra waduk dan irigasi, dan sejumlah proyek strategis nasional lainnya, maka sosok itu adalah Menteri Basuki Hadimuljono.

Sebagai Tokoh Tanah Papua, kami mengenal begitu dekat sosok Menteri Infrastruktur Indonesia ini. Ia dikenal fleksibel dan mampu beradaptasi dengan sangat mudah. Dalam kemitraan antar lembaga di Parlemen RI, seribu satu macam masalah di Tanah Papua, di tangani dengan baik oleh Menteri Basuki.

Sebagai Tokoh Politik dari Tanah Papua, kami melihat Menteri Basuki bekerja dengan hati dan pikiran yang bersih. Ia teladan bagi kami orang Papua, seorang pekerja keras dan disiplin.

Menteri Basuki selalu memberikan contoh perilaku yang positif dan berkarakter.

Begitu langka untuk menemukan sosok pemimpin sepertinya. Tidak banyak basa basi, namun karyanya terus “berbicara”,  membuktikan bahwa dirinya telah banyak berbuat sesuatu yang sangat bernilai bagi bangsa da negaranya.

Kami selalu mengingat, Menteri Basuki tidak ragu untuk mengajak kami turun ke daerah terpencil di pegunungan Tanah Papua. Ia tidak perduli terhadap cuaca ekstrim yang setiap saat dapat membahayakan penerbangannya bersama rombongan. Tekad yang kuat dan juga tulus demi menyaksikan pembangunan di wilayah pedalaman Tanah Papua, resiko dan rasa takut itu, ditepis oleh seorang Menteri Basuki.

Tuhan, Alam, Leluhur di Tanah Papua, selalu melindungi dan memberkati setiap niat baik Pa Menteri, dengan memberikan keselamatan dan kebaikan di sepanjang menjalankan tugas di wilayah Papua.

Dari sekian banyak Menteri di Pemerintah Pusat, tercatat, Pa Basuki merupakan salah Menteri yang paling banyak mengunjungi Tanah Papua. Hal ini merupakan sebuah pertanda penting, bahwa Pa Menteri, yang dikenal sebagai Bapak Infrastruktur Indonesia, memiliki kepedulian yang besar terhadap Tanah Papua.

Dalam kesempatan yang terhormat ini, ijinkan kami atas nama Komisi Infrastruktur Lembaga Parlemen RI, yang mewakili Tanah Papua, mengucapkan selamat atas Perolehan Gelar Doktor Honoris Causa dari salah satu Perguruan Tinggi ternama di Indonesia.

Semoga perolehan gelar ini, dapat menginspirasi setiap pemimpin nasional, untuk dapat mengikuti teladan kepemimpinan Menteri Basuki, yang disiplin, pekerja keras, sederhana, inklusif, dan mampu menciptakan lingkungan kerja yang positif di Kementerian yang dipimpinnya, demi tercapainya visi Indonesia Maju.

Selamat DR (H.C) Basuki Hadimuljono, Tuhan memberkati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini