Kapal Terbalik Sempat Digunakan Dua Menteri Jokowi

Kapal Pinisi Plataran Bali Tenggelam di Perairan Bidadari Labuan Bajo, Selasa (21/1/2019), (Foto Ist).

LABUAN BAJO, LBJN—Kapal Plataran Pinisi Bali yang mengalami kecelakaan di perairan Labuan Bajo bukanlah kapal yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo selama bertugas di wilayah itu. Namun kapal yang berukuran kecil itu sempat digunakan oleh dua menteri kabinet Jokowi.

Dua pembantu Presiden Jokowi yang menggunakan kapal tersebut yakni Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Keduanya menggunakan kapal tersebut pada Senin (20/01/2020) atau sehari sebelum insiden yang mencelakai sejumlah wartawan istana.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam siaran persnya, Selasa (21/01/2020) siang.

“Kapal yang digunakan wartawan tersebut bukan yang digunakan oleh Presiden selama berada di Labuan Bajo. Namun kapal tersebut digunakan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kemarin,” tulis Bey.

Peristiwa tersebut, jelas Bey, terjadi di luar agenda kepresidenan. Agenda kepresidenan di Labuan Bajo berakhir setelah acara penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat pada Selasa pagi. Usai acara tersebut, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo langsung ke Bandara Komodo untuk kembali ke Jakarta.

Sementara para wartawan memilih untuk berwisata ke Pulau Bidadari. Insiden tersebut terjadi saat perjalanan pulang dari pulau itu. Ketika berada di tengah laut, terjadi perubahan cuaca mendadak yaitu ombak tinggi dan angin kencang sehingga kapal terbalik.

Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut karena petugas pantai di Plataran Resort and Spa langsung menuju lokasi dengan menggunakan speedboat. Namun beberapa kamera dan peralatan milik wartawan dilaporkan tenggelam.

Adapun wartawan Istana yang mengalami kecelakaan tersebut terdiri dari Edho Ferdihanzah (TVRI), Krismastianto Baruno Suryokusumo (Berita Satu TV), Agus Rahmat (Vivanews.com), Lizsa Egeham (Liputan6.com), Desca Lidya Natalia (LKBN Antara), Nina Susilo (Kompas), dan Anindyka Pribadi (SCTV). (L2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini