Kunjungan Jokowi di Labuan Bajo Diwarnai Demonstrasi

LABUAN BAJO, LBJN—Pada hari kedua kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Labuan Bajo, Senin (20/01/2020) diwarnai aksi demonstrasi. Puluhan warga yang menamakan diri Gerakan Masyarakat Peduli Pelabuhan Bari (GMPPB) menggelar demonstrasi di DPRD Manggarai Barat.

Saat itu, Presiden Jokowi sedang meninjau pantai Menjerite, Desa Tanjung Boleng, Kecamatan Boleng sebagai lokasi pembangunan dermaga niaga.

Dalam tuntutannya, masyarakat menolak rencana pemerintah pusat yang secara sepihak memindahkan lokasi dermaga yang semula disepakati di Labu Liang, Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar.

Padahal, kata mereka, lokasi pelabuhan niaga di Labu Liang sudah ditetapkan dalam Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Manggarai Barat tahun 2012.

Bagi mereka, pembangunan dermaga niaga di Kecamatan Macang Pacar sesuai amanat Perda tersebut menjadi pintu masuk untuk memajukan wilayah utara Manggarai Barat yang selama ini terisolasi karena tak tersentuh pembangunan.

Penolakan warga mendapat dukungan DPRD setempat. Beberapa anggota dewan seperti Andi Mama dari PKS dan Sebastian Nyaman dari PKB, bahkan mengecam pemindahan lokasi tersebut.

Pasalnya, kajian untuk menentukan Labu Liang sebagai calon lokasi pembangunan dermaga sudah dilakukan sejak lama. Apalagi, Pemkab Manggarai Barat sudah mengeluarkan biaya besar untuk pembebasan lahan.

Mendukung tuntutan masyarakat, DPRD menyurati Bupati agar bersama-sama menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah pusat.

“Kita rekan-rekan DPRD menghadap Bupati agar bisa berdialog dengan Presiden,” kata Ketua DPRD Manggarai Barat Edistasius Endi. (L2/L3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini