Kunjungan Ketiga Presiden Jokowi di Labuan Bajo Berbeda dengan Dua Kunjungan Sebelumnya

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) didampingi Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat (kiri) langsung menuju mobil saat tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo. Foto: istimewa.

LABUAN BAJO, LBJN — Presiden RI Joko Widodo sudah tiga kali mengunjungi Labuan Bajo, Manggarai Barat. Kunjungan pertama dan kedua berlangsung pada periode pertama ia menjabat sebagai kepala negara. Sedangkan kunjungan pada Minggu (19/01/2020) merupakan kunjungan pertama pasca dilantik sebagai Presiden RI periode kedua.

Ada hal yang berbeda antara dua kunjungan sebelumnya dengan kunjungan kali ini. Pada kunjungan pertama yang berlangsung Minggu (27/12/2015) lalu, Presiden Jokowi disambut meriah di Bandara Komodo. Saat itu, ia didampingi Menteri Perhubungan Ignatius Jonan, meresmikan terminal Bandara Komodo.

Ada ritual penyambutan secara adat Manggarai melalui kepok, pengalungan selendang, dan tarian saat Presiden Jokowi dan rombongannya tiba di Bandara Komodo.

Akses terhadap wartawan yang bertugas di Labuan Bajo pun lebih leluasa. Bahkan pemimpin negara yang dikenal dekat dengan masyarakat itu tiba-tiba mendatangi kerumunan wartawan yang berada di balik pembatas dan pagar betis Paspampres.

“Gimana? Kalian wartawan yang bertugas di sini ya? Ada yang mau ditanyakan?” tanya Jokowi.

Wartawan lokal yang bertugas saat itu tampak kaget hingga nyaris melupakan sederet pertanyaan yang telah disiapkan. Tak disangka, orang nomor satu di negeri ini begitu dekat dengan masyarakat termasuk wartawan.

Saat kunjungan kedua yang berlangsung pada Rabu (10/07/2019) hingga Kamis (11/07/2019), Jokowi disambut lebih meriah lagi.

Saat itu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana disambut secara adat Manggarai di tepi landasan Bandara Komodo. Wartawan-wartawan berdiri tak sampai 10 meter dari titik penyambutan presiden.

Saat hendak keluar dari terminal Bandara, Presiden Jokowi sudah disambut oleh ratusan warga Labuan Bajo dan sekitarnya yang berdesak-desakan. Ia pun melayani warga yang meminta berfoto-foto.

Tak hanya di Bandara, di beberapa titik lokasi yang dikunjungi seperti kawasan Marina Kampung Ujung dan obyek wisata Batu Cermin, Jokowi disambut lautan massa.

Namun pada kunjungan kali ini, Presiden Jokowi tak disambut seperti biasanya. Tiba di Bandara Komodo pada Minggu (19/01/2020) pukul 11.50 Wita, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana hanya disambut oleh Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat.

Tak ada lagi penyambutan secara adat Manggarai. Bahkan wartawan tak diberi akses untuk menyaksikan lebih dekat kedatangan sang presiden. Wartawan hanya bisa memotret dari balik kaca jendela terminal Bandara.

Presiden dan rombongan tidak keluar melalui gedung terminal tetapi langsung dijemput oleh mobil di tepi Bandara.

Terkait tak adanya penyambutan seperti biasanya, salah seorang petugas pengaman mengatakan hal itu merupakan permintaan presiden sendiri. Media baru boleh meliput kegiatan presiden pada Senin (20/01/2020).

Beberapa waktu lalu, Labuanbajonews.com mendapat undangan untuk meliput salah satu kegiatan presiden yakni peresmian Hotel Inaya Bay Komodo di kawasan Marina, Kampung Ujung. Acara tersebut berlangsung pada Senin sore pukul 16.00 Wita. (Tim LBJN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini