Manfaatkan Jalan Rusak, Tiga Pemuda Palak Pengguna Jalan

Jefrianus Ngabu (kiri) dan Narsianus Wadut (kanan), dua dari tiga pemuda yang melakukan pemalakan terhadap pengguna jalan di Desa Golo Worok diamankan polisi. Foto: Labuanbajonews.com

RUTENG, LBJN Tiga orang pemuda Desa Golo Worok, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai melakukan pemalakan terhadap pengguna jalan yang melintasi desa tersebut.

Dua hari beraksi, mereka mengumpulkan uang sebanyak Rp2,7 juta. Uang tersebut digunakan untuk beli rokok dan minuman keras (miras).

Ketiga pemuda tersebut yakni Jefrianus Ngabu (24), Nasrianus Wadut (20), dan Alvin siswa kelas III salah satu SMA di Ruteng. Jefri dan Nasri sudah ditangkap oleh polisi di Desa Golo Worok. Sedangkan Alvin belum ditemukan.

Kepada media ini, Jefri dan Nasri menuturkan, mereka memanfaatkan jalan rusak di desanya untuk menarik bayaran dari setiap pengemudi yang melintas. Jalan tersebut merupakan jalan propinsi ruas Cancar – Golo Welu. Kondisinya memang sudah lama rusak.

“Kami tambal jalan yang rusak dengan menyusun batu. Lalu kami minta setiap orang yang lewat untuk bayar,” ujar Jefri.

“Kalau motor bayar Rp2.000, ada yang bayar Rp5.000. Kalau mobil ada yang bayar Rp5.000, ada juga yang bayar Rp10.000,” tambah Nasri.

Mereka mengaku sudah dua kali melakukan pemalakan. Pemalakan pertama dilakukan pada Senin (30/12/2019) lalu. Saat itu melibatkan 16 orang pemuda. Mereka mengumpulkan uang sebanyak Rp2,5 juta.

Pemalakan kedua dilakukan pada Minggu (19/01/2020). Kali kedua ini hanya dilakukan oleh Jefri, Nasri, dan Alvin. Ketiganya mengumpulkan uang Rp200.000 dari pengguna jalan.

Aksi para pemuda itu terbongkar ketika mereka hendak memalak Romo Gusti, seorang pastor yang bertugas di Paroki Golo Welu pada Minggu siang. Romo Gusti merekam aksi ketiga pemuda dalam video berdurasi 40 detik.

Dalam video tersebut, Jefri yang dalam keadaan mabuk minuman keras tampak meminta uang sambil mengancam. Sementara Nasri dan Alvin tak terlihat dalam video itu.

Terdengar pula suara yang membentak korban agar tidak memvideokan aksi mereka. “Itu suara saya dan Alvin pak,” ujar Nasri.

Video tersebut beredar dan sampai ke pihak polisi. Empat orang anggota Bhabinkamtibmas Polres Manggarai yang bertugas di wilayah Kecamatan Ruteng yakni Bripka Julius Taniu, Bripka Ridwan N Lubalu, Brigpol Lukman, dan Brigpol Salestinus Soro bergerak cepat dan menciduk dua dari tiga pelaku.

“Pelaku Jefrianus Ngabu dan Nasrianus Wadut dibekuk di Golo Worok sekitar pukul 13.00 Wita,” ujar Bripka Julius Tanu.

Dua pelaku kini diamankan di Polres Manggarai. Seorang pelaku sedang dicari oleh polisi. Sedangkan proses lebih lanjut masih menunggu pihak korban.

“Kami masih menunggu korban yaitu Romo Gusti. Apakah beliau akan membuat laporan atau tidak,” ujar Kanit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Aipda Dewo Peda. (L2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini