Kades Golo Damu Mabar Ajak Masyarakat Budi Daya Tanaman Porang

Kepala Desa Golo Damu, Mabar bersama para staf dan warga kampung Wae Masa, menanam Porang, Senin (3/2/2020).

LABUAN BAJO,LBJN—Tanaman porang atau  umbi-umbian tengah populer dibicarakan masyarakat, secara khusus saat ini di masyarakat kabupaten Manggarai Barat.Bahkan Saat ini sudah ada masyarakat yang mulai menanam tanaman porang.

Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan “jelly” yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang.

Seperti di wilayah Desa Golo Damu, Kecamatan Mbeliling, Mabar,Kepala desa setempat Stef Densi, memimpin langsung penanaman porang  di kampong,Wae Masa Desa Golo Damu.

Stef Densi bersama para staf desa dan masyarakat kampong Wae Masa, menanam porang dikebun warga kampung Wae Masa, Senin (3/2).

Pada kesempatan itu ia menghimbau warga Desa Golo Damu agar segera membudidaya tanaman porang karena memiliki nilai ekonomis.

“saya berharap warga desa Golo Damu segera menanam porang karena usaha ini sangat menjanjikan,” ujar Stef Densi.

Sementara Stanis Laus Stan, warga kampung Wae Masa yang berdomisili di Labuan Bajo mengaku sudah menanam porang sejak beberapa waktu lalu.

“Saya ingin mendatangkan mesin perajang dan ofen /mesin pengering yang berskala 5 ton perhari. karena itu saya sangat berharap para petani di Mbeliling untuk bisa galakan budidaya porang ini”, kata Stanis, yang juga berprofesi sebagai pelaku usaha di kota Labuan Bajo itu.(L3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini