Warga Diaspora Ranamese Makassar “Nuk Beo” Melalui Organisisasi K3RM

Warga diaspora Kecamatan Ranamese Manggarai Timur di Makassar

MAKASSAR, LBJN — Kampung menjadi tempat yang selalu dirindukan setiap orang kemanapun dia pergi. Begitu juga orang Manggarai yang mengganggap kampung kelahiran sebagai ”kuni agu kalo”.

Selain sebagai tempat kelahiran, di kampung ada kenangan masa kecil, ada orang tua dan sanak keluarga yang selalu dirindukan.

Singkatnya, kampung halaman selalu menjadi tempat istimewah di hati para perantau. Sehingga sejauh manapun dia pergi, selalu ada kerinduan untuk kembali.

Suasana kebatinan itu, juga dirasakan oleh warga yang berasal dari kecamatan Ranamese Manggarai Timur NTT yang sekarang merantau dan berkarya di Kota Makassar.

Jumlah warga Ranamese di Makassar saat ini mencapai ratusan orang, yang terdiri terdiri dari orang tua, orang muda, dan mahasiswa. Beberapa diantara orang tua asal Ranemese, bahkan sudah dianggap sesepuh oleh banyak kalangan di kota Makassar.

Warga diaspora Kecamatan Ranamese Manggarai Timur di Makassar

Bagi warga diaspora Makassar asal Ranamese, jumlah tersebut bukan hanya soal kuantitas, tetapi soal generasi Ranamese yang perlu disatukan, diberdayakan dan ditanamkan semangat kebersamaan di tanah rantau, agar tidak terceraiberai.

Hal itulah yang mendorong warga diaspora Ranamese Makassar untuk membentuk sebuah wadah organisasi Kerukunan Keluarga Kecamatan Ranamese Makassar (K3RM).

Organisasi tersebut sudah ada sejak tahun 2016 dan telah melaksanakan banyak kegiatan. Beberapa diantaranya yakni, kegiatan doa bulanan secara bergilir, arisan, dan juga berpartipasi dalam turnamen sepak bola Komodo Cup dan Manggarai Timur Cup di Makassar.

Selain untuk membina dan menjaga persaudaraan antar sesama warga rantau, organisasi tersebut hadir untuk mengakomodir berbagi aspirasi dan kebutuhan warga Kecamatan Ranamese di Makassar.

Orgasnisasi yang dinahkodai Bpk. Ardikardus H. Panas itu, juga diharapakan bisa melestarikan budaya dan kearifan lokal Manggarai di tanah Rantau.

Kerukunan Keluarga Ranamese Makassar memiliki semboyan “Bersama Kita Bisa”.

Kontributor : Wencislaus S. Nansi,S.H.M.Hum (Sekretaris Umum K3RM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini