Hipmmabar Jakarta Desak Pemda Mabar Siapkan Langkah Pencegahan Virus Corona

Foto FB Hipmmabar Jakarta.
google.com, pub-5332806438229511, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com, pub-5332806438229511, DIRECT, f08c47fec0942fa0

LABUAN BAJO, LBJN — Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Manggarai Barat (Hipmmabar) Jakarta, meminta Pemerintah Daerah Manggarai Barat (Pemda Mabar), NTT untuk meningkatkan kewaspadaan serta menyiapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus Corona di Mabar.

Permintaan itu dituangkan dalam Pernyataan Sikap Hipmmabar yang diterima media ini pada Kamis, (19/3/2020).

Kota Labuan Bajo sebagai pintu keluar dan masuknya wisatawan baik domestik maupun mancanegara, dinilai Hipmmabar, sangat beresiko menjadi tempat penyebaran virus corona.

Karenanya, mereka meminta mobilisasi para wisatawan di daerah pariwisata itu, dibatasi.

Sebagai bagian dari masyarakat Mabar, Hipmmabar mendesak Pemda harus menyiapkan langkah-langkah strategis sebagaimana tertuang dalam poin-poin pernyataan sikap berikut :

Pertama, Pemerintah Mabar harus segera membuat kebijakan preventif penyebaran virus corona terhadap pelaku wisata, masyarakat dan wisatawan.

Kedua, Melakukan sosialisasi terkait langkah-langkah pencegahan kepada masyarakat seperti penggunaan hand sanitizer, masker dan keep distance khusus dengan para wisatawan.

Ketiga, Mendorong dinas kesehatan untuk bekerjasama dengan rumah sakit dan puskesmas setempat guna memperketat pengecekan semua orang yang baru saja tiba di Labuan Bajo baik yang melalui transportasi udara maupun laut.

Keempat, Menyiapkan langkah-langkah strategis apabila ada wisatawan dan masyarakat yang sudah terpapar virus corona dengan membangun kerjasama dengan rumah sakit atau puskesmas setempat.

Kelima, Aktif melakukan pemantauan perkembangan kasus virus corona di Manggarai Barat tanpa menunggu adanya suspect.

Keenam, Virus corona bukan kasus biasa, ribuan nyawa telah hilang. Sementara fasilitas rumah sakit di Mabar belum tentu bisa menangani persoalan ini. Oleh karena itu, langkah pencegahan sangat diperlukan agar semua masyarakat aman dan terbebas dari virus ini.

Surat pernyataan sikap Hipmmabar ditandangani oleh Humas Hipmmabar Robyvan Sukur dan Ketua Hipmmabar Fernandez Nato. (L5).

google.com, pub-5332806438229511, DIRECT, f08c47fec0942fa0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini